Selasa, 24 Mei 2011

Perpustakaan ONLINE


Tuesday, January 13, 2009 14:41
Posted in category Uncategorized by: MSujaiAnhar
Pendahuluan
Perkembangan dan kemajuan masyarakat dapat dinilai dari kesadaran penduduknya terhadap pendidikan, kesadaran akan dunia pendidikan akan sangat bergantung kepada sumber-sumber ilmu.
Perpustakaan adalah salah satu sarana yang dapat dijadikan sumber ilmu, namun dikarenakan keterbatasan ruang, waktu dan dana, maka perpustakaan sekarang haruslah bersifat lebih efektif dan efisien.
Menurut kamus The Oxford English Dictionary, kata “library” atau perpustakaan mulai digunakan dalam bahasa Inggris tahun 1374, yang berarti sebagai “suatu tempat buku-buku diatur untuk dibaca, dipelajari atau dipakai sebagai bahan rujukan”. Konsep perpustakaan ini sudah mulai bergeser, dikarenakan tuntutan zaman.
Perpustakaan online, adalah perpustakaan yang lebih ideal dan lebih menarik, disamping karena kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat akan sumber ilmu, yakni perpustakaan yang memadai, juga perpustakaan yang dapat diakses oleh banyak orang dan dapat diakses dimana saja. Perpustakaan online, sebenarnya memiliki konsep dasar seperti perpustakaan biasa, namun sistem yang digunakan menggunakan teknologi yang lebih baik, dan sumber-sumber yang tersedia pun sangat bergantung dari para kontributor yang ada.
Perpustakaan online akan memberikan kontribusi yang signifikan kepada masyarakat luas, karena sifatnya yang a synchonose, dan dapat diakses dari banyak daerah. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh perpustakaan online, akan sangat menarik dibandingkan daripada perpustakaan biasa. Seperti halnya ensiklopedi-ensiklopedi yang ada di dunia maya saat ini, sudah sangat membantu kepada para pencari ilmu mau pun para browser yang ada. Hanya saja, perkembangan perpustakaan online yang bersifat nasional dan mencakup akan seluruh informasi di Indonesia, belum tergarap dengan baik.
B. Pembahasan
1. Sumber pengetahuan
Perkembangan ilmu pengetahuan sangat bergantung kepada sumber pengetahuan, semakin banyak sumber pengetahuan dan semakin mudah sumber pengetahuan untuk diakses, maka akan semakin cepat proses perkembangan ilmu pengetahuan.
Pada tahun 1970, The American Library Association menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian “pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumenstasi dan pusat rujukan.“
Manusia, alam sekitar, buku, komputer dan seluruh perangkat media yang sangat pesat perkembangannya pada saat ini, dapat dijadikan sumber pengetahuan. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat besar terhadap kemudahan orang akan mendapatkan informasi, kemudahan dalam menerima dan mengirimkan informasi. Sehingga tingkat interaksi secara tidak langsung sudah meningkat dengan pesat. Keterbatasan geografi dan keterbatasan akan waktu, telah dikurangi secara signifikan oleh perkembangan teknologi. Sehingga akses setiap orang akan sumber belajar, menjadi sangat mudah.
Perpustakaan online adalah alternatif yang paling tepat pada saat ini, untuk menjawab pertanyaan orang akan buku-buku, informasi, dan lain-lain. Sehingga lembaga perpustakaan online adalah lembaga yang berkonsentrasi penuh untuk mengumpulkan sumber-sumber yang ada, yang dibutuhkan untuk terciptanya sebuah perpustakaan.
2. Pemanfaatan sumber pengetahuan (kemudahan akses)
Pemanfaatan sumber pengetahuan ditinjau dari sudut kemudahan dalam mengaksesnya, maka perpustakaan menjadi salah satu pilihan yang sangat ideal, karena buku-buku dan segala informasi yang dapat dikumpulkan dalam perpustakaan, akan sangat membantu pembelajar, membantu untuk menjadikannya rujukan, dan membantu untuk menemukan sesuatu yang baru.
Berdasarkan perkembangan teknologi, dan perkembangan informasi, maka dimungkinkan untuk dibentuknya perpustakaan online, dengan konsep dasar seperti perpustakaan biasa. Perbedaannya adalah, akses untuk mendapatkan buku atau sumber, hanya melalui media komputer, baik secara intranet maupun internet.
Jika hanya dikembangkan dalam lingkup yang terbatas dan wilayah yang sempit, maka akses dapat digunakan dalam bentuk intranet, komputer induk (server) menjadi pusat data, dan para pengguna yang lain dapat mengakses dengan membuat jaringan yang terkoneksi dengan server.
Apabila dikembangkan dengan sekala besar dan bersifat luas, maka akses dapat dilakukan melalui internet. Pusat data diletakkan dalam bentuk website, dengan menggunakan provider yang memang memiliki kapasitas akses besar. Seluruh data yang ada, disimpan dan upload secara berkala ke pusat data.
Kelebihan dari perpustakaan online dari perpustakaan biasa yang sangat kentara adalah, waktu untuk mengakses data, yakni memiliki waktu yang lebih fleksibel, dan dapat diakses secara bersamaan dengan yang lain..
3. Pengelolaan
Dalam hal pengelolaan perpustakaan online, sedikit berbeda dengan perpustakaan biasa, yakni seluruh komunikasi yang ada, sangat bergantung kepada user, sehingga seluruh fasilitas untuk mengakses data, seluruhnya sudah ditampilkan di dalam menu. Petugas perpustakaan hanya menjaga lalulintas komunikasi apabila terjadi, untuk keperluan pencarian buku yang belum ada atau untuk menerima masukan-masukan akan kemajuan perpustakaan.
Petugas perpustakaan akan mengupload data-data yang baru, dan merevisinya apabila diperlukan, memberikan pelayanan register apabila diperlukan. Untuk ini, pola yang ditawarkan dalam menjalankan perpustakaan terbagi menjadi dua. Pertama, dapat diakses secara bebas, sehingga semua orang dapat masuk dan mengakses data yang ada, tidak dibutuhkan register atau persyaratan tertentu untuk masuk, kedua, diakses secara terbatas, yakni harus mendaftarkan diri terlebih dahulu atau harus menjadi anggota terlebih dahulu. Seperti halnya kampus-kampus yang telah maju, maka akses menuju perpustakaan online, harus memasukkan nomor induk mahasiswa yang bersangkutan, sehingga akses menuju perpustakaan terseleksi secara sendirinya.
Pengelolaan perpustakaan online, juga sangat bergantung kepada perkembangan teknologi, ketika teknologi yang akan datang memberikan kemudah yang lebih baik, maka teknologi tersebut langsung dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pelayananan perpustakaan online.
4. Pemanfaatan
Dalam hal pemanfaatan sumber belajar yang terbilang masih dalam proses pengembangan, maka kehadiran perpustakaan online masih sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, baik secara bentuk yang idealnya, maupun dalam bentuk layanan yang dapat dijadikan sumber pengetahuan.
Pemanfaatan perpustakaan online akan tersekmentasi secara alami, karena para pengunjung yang datang adalah mereka-mereka yang memiliki kepentingan terhadap sumber yang ada. Oleh karena itu, konten yang ada harus dibuat semenarik mungkin, dan dapat juga dikembangkan secara interaktif dan mandiri.
5. Kelemahan dan kekurangan dari perpustakaan online
Bila dibandingkan dengan perpustakaan biasa, maka perpustakaan online memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya:
NO
BERDASARKAN
PERPUSTAKAAN BIASA
PERPUSTAKAAN ONLINE
1
Waktu
Terbatas jam kerja
Tidak terbatas, selama data sudah diupload
2
Pengelolaan
sederhana
Lebih rumit
3
Jangkauan
Terbatas
Terbatas dan tidak terbatas
4
Isi / buku / konten
Terbatas yang telah dimiliki perpustakaan
Tidak terbatas, dengan mengadakan hyperlink
5
Biaya
Sedang – besar (tergantung dari kapasitas buku)
Besar pada permulaan
6
Tempat
Membutuhkan tempat yang baik dan terawat dan berdasarkan jumlah buku
Tidak terlalu besar
7
Manfaat
Besar – terbatas
Besar – tidak terbatas
8
Keterbatasan
Biaya untuk pembelian buku
Tidak semua buku tersedia dalam bentuk ebook, dan tidak semua buku lama tersedia dalam ebook
9
Sarana pendukung
terbatas
Tidak terbatas, selama dapat meningkatkan minat da pengembangan program perpustakaan online (games, video, tips, dll)
  1. Penutup
1. Kesimpulan
Berdasarkan perkembangan dan melihat kondisi yang ada, maka penulis menyimpulkan:
  1. Perpustakaan online merupakan solusi yang baik untuk meningkatkan sumber belajar yang ada
  2. Perpustakaan online akan sangat membantu kualitas pendidikan kita.
  3. Perpustakaan akan banyak diakses oleh para pengguna internet untuk dijadikan rujukan dalam mencari informasi
  4. Berdasarkan pemaparan yang ada, maka pemerintah dapat mengadakan perpustakaan yang baik dan dapat membantu percepatan pertumbuhan pendidikan
2. Saran
Berdasarkan pengamatan, maka penulis memberikan saran:
  1. Harus dibentuk badan atau lembaga khusus untuk membentuk perpustakaan online
Diberikan penyuluhan dan penyadaran kepada masyarakat, akan pentingnya sumber pengetahuan dan kemudahannya dalam mengakses sumber tersebut.

reverensi : http://purwanto.web.id/?p=121

1 komentar: